SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG - SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT

Kamis, 13 November 2014

Sms Gateway menggunakan Visual Basic 6.0

 

SMS Gateway???Mungkin masih ada yang bertanya-tanya apa sih sebetulnya SMS Gateway yang ramai dibicarakan orang??
SMS = Semua orang dah tau deh kayaknya???yang tarifnya Rp.100, Rp 350, Rp.299 tergantung operator.
Gate = Gerbang
Way = Jalan

jadi Gateway itu artinya gerbang jalan ya ??? Halah ngaco… ^_^

SMS Gateway adalah sebuah aplikasi yang dijalankan di komputer yangterhubung dengan (karena kita akan membahas mengenai sms gateway menggunakan jaringan GSM) GSM modem ataupun perangkat lain yang menyediakan layanan ini(Handphone) untuk menghandle sms yang masuk dan keluar.(CMIIW)

Atau baca di http://en.wikipedia.org/wiki/SMS_gateways

Ide awalnya saya dapat ketika ingin membuat sebuah aplikasi untuk mengecek apakah komputer dirumah dalam keadaan mati atau menyala?karena saya sering lupa mematikan komputer ketika akan berangkat kerja.Sehingga apabila masih dalam keadaan menyala,saya tinggal sms ke server di rumah dan komputer akan Shutdown secara otomatis. Lalu muncullah ide membuat aplikasi sms gateway untuk mematikan komputer dari jarak jauh.Pake Vb aja deh. Setelah bertapa berminggu-minggu, dan bertanya-tanya sama Mbah sakti mandra guna “GOOGLE”, lalu ketemulah dengan MFBUS15.ocx .Awalnya sih pingin cari yang murni Source code,tapi setelah dipikir-pikir jika ada yang lebih mudah, kenapa cari yang susah???

Oke cukup basa-basi…langsung aja.

Seperti yang saya bilang tadi, kita butuh yang namanya MFBUS15.ocx bisa tanya-tanya sama mbah google ato klik di SINI aja dehh.. ^_^ hehehe.

Bagaimana cara penggunaannya?

Sebelumnya kamu harus tahu nomor COM berapa modem GSM atau Handphone kamu terpasang. Saya nyoba pake hp nokia 3310 yang terpasang di COM1.
Masukkan MFBUS15.ocx tadi ke program kamu dan beri nama fbus.

Kemudian lakukan koneksi dengan perintah:

Me.fbus.Connect “COM1”
If Me.fbus.Connected = True Then
Msgbox “Koneksi Berhasil”
Else
Msgbox “Koneksi Gagal”
End If

Nah, perintah me.fbus.connect adalah perintah untuk koneksi ke modem GSM,lalu “COM1” adalah nomor Port yang saya gunakan.
Tanda petik jangan dihilangkan, karena harus berupa string. Setelah koneksi terjadi, sekarang kamu bisa melakukan apa saja yang kamu inginkan misalnya membaca SMS ataupun mengirim SMS.

Untuk mengambil SMS gunakan perintah sms.refresh

Me.fbus.SMS.Refresh

Gunakan perintah ini untuk mengambil semua SMS yang ada di handphone, kemudian gunakan perintah Me.fbus.SMS.Inbox(nosms).text untuk membaca SMS di kotak inbox dan Me.fbus.SMS.Outbox(nosms).text untuk SMS di kotak Outbox…

Rul.., trus nosms itu apa??? Begini… Apabila didalam kotak masuk atau Inbox atau pun di Outbox kita ada 5 SMS, trus kamu ingin membaca SMS yang ke 3, maka nosms kamu isi dengan 3 dst… trus klo mau baca semua??? Ya tinggal masukkan aja dalam perulangan

Contoh:

For i = 1 To Me.fbus.SMS.Inbox.Count
Msgbox Me.fbus.SMS.Outbox(i)
Next I

Untuk mengirim SMS kamu bisa gunakan perintah :

Me.fbus.SendSMSMessage notujuan, teks
Notujuan dan teks harus berupa string.
Didalam file yang kamu sedot tadi sudah ada manual file
Selamat mencoba…

download visual basic disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar