SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG - SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT

Minggu, 16 November 2014

MEMFORMAT HARD DISK YANG TIDAK DAPAT DI FORMAT SAAT INSTALASI

  

Hard disk merupakan media storange(penyimpan) media elektronik yang berguna untuk menyimpan berbagai file kita. Kadang kala ada saatnya hard disk kita tidak dapat di format(dikosongkan) secara manual atau pada saat inggin menginstal ulang, kita memformatnya karena mungkin sudah hamper full dan kita inggin menghapus seluruh file yang ada karena terinfeksi oleh virus dan inggin menginstal ulangnya.

Nah pada saat inggin menjalankan proses tersebut malah hard disk tidak dapat diinstal, paling parahnya lagi jika kita saat install ulang kita inggin mengatur ulang seluruh partisinya. Seperti inggin menganti ukuran partisi C sebagai tempat system lebih besar dari partisi lainya karena kita inggin menata semua file program disana.
Dan tentunya partisi D, E dan seterusnya mempunyai ukuran yang sama atau balance.
Ketika kita hendak mengformat seluruh partisinya malah tidak ada repon sedikitpun, kita hanya bias memformat partisi tempat system yang terdahulu.
Disisnilah topik pembahasan artikel kita kali ini, yaitu memformat hard disk yang tidak dapat diformat.
                                                                     
Saya sendiri pernah mengalami masalah yang sama, ketika saya inggin menginstal ulang laptop saya karena isisnya penuh dengan bahan percobaan yang tidak jelas. Pada saat itu saya mempunyai 5 partisi karena banyak hasil try and error, pada saat itu saya membuat partisi system yang kecil karena saya bermaksud membuat partisi untuk file program aplikasi berbena dengan yang lainya  dan ternyata katika saya menjalankan salah satu program aplikasi saya. Apalagi program aplikasi yang cukup berat seperti Adobe Photoshop CS3 Extented,
Wah…. Proses loading membukanya sangat lama dan memory banyak di kuras begitu juga proses menutup rogram tersebut langsung terjadi yang namanya Not Responding .
Dan beberapa program lainya juga tidak lain saama juga, mungkin proses pembacaan dan penulisan registrynya sangat sulit dilakukan.
Setelah saya pelajari lebih menggenai kasus saya ini, dan akhirnya saya memutuskan untuk menginstal ulang dan mondar-mandir minjam sana-sini flashdisk untuk backup data penting, dan karena media penyimpan kurang banyak program yang hilang dah………..
Langsun ke proses perbaikanya !
Saya hendak membuat Sistem Operasi saya Windows Seven Ultimet.
Sebelum semuanya itu saya mendapat saran dari teman saya google untuk menggunakan program
HDD Low level Format tool 4.25
Dan saya pun medownloadnya setupnya hanya sekitar 756KB , dan ternyata saangat ampuh melakukan proses format .
Sebelum menggunakanya ekstrak dulu dan usahakan semua file anda sudah di backup, karena ini langsung menuju proses instalasi ulang dan sediakan CD Master OS anda.
Jalanka program tadi, screenshotnya seperti berikut

Setelah anda menjalankan programnya otomatis akan terdeteksi hard disk anda, dan klik Continue untuk lanjut.
Setelah lanjut anda akan dapat melihat detil hard disk anda, dan informasi status hard disk anda apakah terjadi error atau dalam keadaan bagus. Dan disini anda akan menemukan interface untuk formatnya yang berupa commnat berikut screenshotnya !

Mungkin proses formatnya akan memerlukan waktu yang cukup lama, senbaiknya anda menyediakan secangkir kopi untuk bersantai dan tidak terlalu focus.
Seteleh proses pemformatan selesai otomatis windows akan mengadakan restart dan langsung menuju proses install ulang karena seluruh file dari hardisk sudah kosong maka pada saat proses penginstalan tidak diperlukan lagi acara format hard disk dan langsung menuju proses partisi.
Kalau belum paham cara mengpartisi hard disk pada windows seven ultimet silahkan baca juga artikel ini,
Cara mengpartisi hard disk pada windows seven ultimet.
sekian dulu artikel yang bias saya sampaikan untuk sobat sekalian, untuk download program HDD Low Level Format tadi dapat anda download langsung di akhir artikel ini.

Nama file        :HDD Low Level Format
Password rar :www.hudonhita.blogspot.com
Versi               :4.
Revisi             :25





Tidak ada komentar:

Posting Komentar