SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG - SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT

Kamis, 19 Mei 2011

Modem dengan technologi EV-DO

Sebelum kita membahas mengenai layanan EVDO Rev.A yang dikembangkan oleh provider Smart dan Mobile-8, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu EVDO dan seluk beluknya.

EVDO atau Evolution Data Only/Evolution Data Optimized adalah suatu standar untuk transmisi data secara nirkabel komunikasi generasi ketiga atau yang dikenal dengan 3G, berbeda dengan 3G pada GSM, EVDO diciptakan secara khusus hanya untuk CDMA dengan menggunakan frekuensi radio.

EVDO memiliki beberapa standar revisi, revisi di sini dimaksudkan untuk terus mengembangkan EVDO secara lebih canggih tentu saja dalam hal kecepatan. Standar revisinya dinamai secara alphabetical dimulai dari EVDO Rev.0 (nol), EVDO Rev.A, dan yang sedang mengalami pengembangan yaitu EVDO Rev.B. Masing-masing standar revisi tersebut mempunyai perbedaan pada kapasitas bandwith transmisinya atau kecepatan akses data yang disajikan.

Di sini EVDO menggunakan jaringan CDMA 2000 untuk menyediakan akses kepada perangkat telekomunikasi jaringan bergerak dengan interface pada kecepatan 2,4 Mbps untuk EVDO Rev.0, dan 3,1 Mbps untuk EVDO Rev.A, sementara untuk EVDO Rev.B masih belum diketahui berapa kecepatan yang bisa dihasilkan oleh revisi ini, yang pasti tentunya kapasitas bandwith transmisinya lebih unggul ketimbang dua EVDO sebelumnya.

Pasalnya, walaupun EVDO yang digunakan adalah EVDO Rev.0 ataupun EVDO Rev.A, semuanya tergantung pada daya tangkap sinyal dan jaringan di mana pengguna berada. Hal ini disebabkan karena EVDO masih bergantung pada jaringan jangkauan BTS. Ada kalanya pada saat tertentu pengguna melakukan akses data di mana tidak ada jaringan EVDO. Namun jika hal ini sampai terjadi, maka secara otomatis sistem operator penyedia jasa akan mengalihkan pengguna ke jaringan standar mode 1X-RTT, di mana pengguna tetap bisa melakukan akses data tetapi menggunakan kecepatan 1X yang hanya 152 Kbps, ini sama saja dengan akses data pada modem CDMA biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar