SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG - SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT

Sabtu, 11 Juni 2011

Parametrik equalizer EQ



Parametrik equalizer sering disebut menggunakan istilah parametrik EQ merupakan alat elektronik multi-band variabel equalizer yang sering digunakan dalam sound recording dan kondisi penguatan sewaktu live sound. Parametrik equalizer merupakan peralatan audio yang memungkinkan bagi audio engineer untuk menaikkan maupun menurunkan modulasi sewatu merekam dengan menyetel respon frekuensi dari sinyal audio.
Jika anda ingin mempelajari tentang dasar-dasar equalizer silahkan baca diartikel saya sebelumnya di oksida.com ini, sebab diartikel sebelumnya sudah saya jabarkan tentang dasar-dasar alat yang bernama equalizer ini. Ciri fisik pada sebuah parametrik equalizer berbeda dengan ciri fisik pada sebuah grafik equalizer (search di oksida.com ini untuk mengetahui ‘grafik equalizer’). Jika pada grafik equalizer kebanyakan menggunakan tombol geser maka pada parametrik equalizer kebanyakan menggunakan tombol putar.








Parametric EQ memiliki tiga buah parameter yang dapat disetel yaitu:
  • Center frequency : Frequency tengah yang ingin anda cut / boost
  • Gain : jumlah cut / boost dalam satuan dB
  • Q Factor : Lebar atau sempit nya bandwith dari frequency yang di cut / boost
Q factor: semakin tinggi angka nya, semakin sempit frequency yang terkena. Semakin rendah Q nya, semakin lebar frequency yang kena.


Peningkatan tonal
Parametrik equalizer banyak digunakan untuk meningkatkan frekuensi tertentu yang tidak terdengar dengan baik pada suatu instrumen tertentu. Sebagai contoh dalam instumen seperti dobel bas maupun dua alat lain yang frekuensinya hampir sama jika disetel dalam volume yang sama maka tidak terdengar jelas perbedaan antar keduanya, akan tetapi dengan mem-bosst salah satu frekuensi permasalahannya bisa kita atasi.

Pengurangan resonansi.
Parametrik equalizer dapat juga digunakan untuk menghapus (atau meningkatkan) resonansi yang berlebihan, yang membuat suara ‘boomy’ atau ‘ringy’. Sebagai contoh jika suara instrument seperti gitar yang mempunyai suara yang berlebih atau ringy pada frekuensi, maka parametrik equalizer dapat digunakan untuk mengurangi atau memotong frekuensi band yang berlebih.
Mengurangi suara asing
Parametrik equalizer juga dapat digunakan untuk mengurangi suara-suara asing yang tidak diinginkan. Misalkan picking dari gitar atau fingering dari tangan yang sedang memainkan gitar, suara berderit waktu memainkan pedal piano, ataupun suara kipas angin sewaktu recording, bisa kita manipulasi suara-suara yang tidak kita inginkan tersebut, sehingga yang keluar menjadi bersih dan harmoni.

Mencegah feedback
Contoh ekstrim dari resonan yang berlebihan adalah suara feedback, yang lebih dikenal dengan dengan looping pada frekuensi tertentu pada sistem audio. Contohnya microphone yang dekat dengan speaker bisa mengakibatkan feedback. Parametrik equalizer dapat digunakan mencegah feedback atau ‘feedback cancellation’ tipikelnya menggunakan notch filter yang memangkas sumber looping frekuensi.

Sistem koreksi
Semua speaker yang mempunyai peaks dan dips pada output pada frekuensi tertentu dan dapat berinteraksi dengan batas-batas ruangan yang membuat respon suara tidak merata. Dengan parametrik equalizer maka kita dapat memboosting atau memotong peaks dan dips agar suara yang dihasilkan bisa flat pada respon frekuensinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar